Gowa, 21 Juli 2025 — Dua dosen Ilmu Perpustakaan, Ramadayanti, S.I.P., M.Hum dan Marni, M.I.P, mengikuti Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2025, sebagai bagian dari upaya meningkatkan profesionalisme dan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi.
PKDP 2025 diselenggarakan oleh sejumlah Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) yang ditunjuk langsung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia. Salah satu PTP tersebut adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan PKDP regional Sulawesi Selatan.
Pelaksanaan kegiatan berlangsung di Hotel Alauddin Makassar, dan diikuti oleh puluhan dosen pemula dari berbagai institusi pendidikan tinggi Islam di wilayah Indonesia Timur. PKDP ini tidak hanya bertujuan meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalisme dosen pemula, tetapi juga menjadi salah satu syarat penting untuk memperoleh Sertifikat Pendidik (Sertifikasi Dosen).
Selama kegiatan, peserta dibekali berbagai materi dan praktik melalui format on the job course. Ini mencakup pendampingan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), pembuatan instrumen penilaian pembelajaran, produksi video pembelajaran, serta ujian dan ekspose proyek pembelajaran atau artikel ilmiah.
Dalam keterangannya, Ramadayanti menyampaikan bahwa kegiatan PKDP sangat bermanfaat untuk memperkuat kapasitas dosen dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan standar pendidikan tinggi.
"Melalui PKDP ini, kami tidak hanya belajar secara teoritis, tapi langsung mempraktikkan bagaimana mendesain pembelajaran yang inovatif dan relevan di kelas," ungkapnya.
Sementara itu, Marni menambahkan bahwa pengalaman mengikuti PKDP turut memperluas wawasan mengenai pentingnya digitalisasi pembelajaran dan penelitian ilmiah berbasis kebutuhan masyarakat dan perkembangan keilmuan.
Dengan mengikuti PKDP 2025, kedua dosen Ilmu Perpustakaan tersebut menunjukkan komitmen kuat untuk menjadi pendidik profesional dan kontributif di lingkungan akademik, serta siap berperan aktif dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.
Sumber: https://fah.uin-alauddin.ac.id